Posted on

Percaya Diri Serta Tampil Gaya dan Tampil Beda Dengan COSPLAY

Anda adalah seorang maniak animasi ala Jepang? Pastilah tak lengkap rasanya memiliki predikat tersebut apabila belum tampil gaya dengan COSPLAY. Teman-teman pecinta Komik, Video Game, Kartun ala Jepang, pastinya sudah akrab dengan istilah COSPLAY.

Secara harfiahnya, COSPLAY adalah istilah bahasa Inggris buatan Jepang (wasei-eigo) yang berasal dari gabungan kata COStume (kostum) dan PLAY (bermain). Selanjutnya dalam keseharian COSPLAY berarti hobi mengenakan pakaian serta aksesoris lengkap dengan rias wajah seperti tokoh-tokoh dalam animasi, manga, manhwa, dongeng, film kartun, hingga video game keluaran Negeri Dewa Matahari.


COSPLAY kali pertama diperkenalkan di Jepang pada tahun 1978 di Ashinoko, prefektur Kanagawa, dalam acara pesta topeng konvensi ilmiah Nihon SF Taikai ke-17 kemudian menjadi booming dan digemari anak-anak muda di Jepang sejak tahun 1985. Kalau di Indonesia sendiri COSPLAY mulai dikenal sejak tahun 2000-an. Ketika itu Pusat Studi Jepang Universitas Indonesia (PSJ UI) mengadakan Acara “Gelar Jepang UI” yang salah satu acaranya adalah parade COSPLAY. Trend COSPLAY kian merambah tanah air ketika muda-mudi Bandung yang terkenal suka bergaya memopulerkan COSPLAY. Selain event tadi, sejumlah event COSPLAY yang sering diadakan di Tanah Air antara lain, Bunkasai, Hellofest, Anomonster, hingga Extravaganza.

Meski tidak ada aturan yang baku, COSPLAY di Indonesia dapat digolongkan sebagai beberapa kategori. Hal ini berkaca dari penyelenggaraan beberapa even Cosplay di Tanah Air. Berikut kami sajikan Kategorinya seperti berikut ini:

COSPLAY Anime / Manga
COSPLAY ini asalnya dari Animasi atau Manga. Biasanya Manhwa juga masuk dalam kategori ini, demikian pula halnya juga komik asal Amerika Serikat.

– COSPLAY Game
Tanpa dijelaskan sekalipun teman-teman pasti bisa menebak bahwa COSPLAY yang satu ini berasal atau mengambil karakter dari video game.

– COSPLAY Tokusatsu
Kalau yang ini merupakan COSPLAY dari karakter dalam fim tokusatsu.

– COSPLAY Gothic
Nah yang ini tipe COSPLAY yang terlihat agak seram namun juga menarik. Mengambil dari karakter bernuansa gelap atau gothic. Biasanya digabung dengan Lolita.

– COSPLAY Original
COSPLAY yang satu ini murni original, tidak terdapat di animasi, tokusatsu, dan lainnya. Atau memiliki dasar yang sama seperti tokoh game “Kingdom Heart”, Sora, namun berbentuk lebih modern.

– Harajuku Style
Beberapa COSPLAYer berdandan ala Harajuku Style adalah bagian dari COSPLAY. Dasarnya adalah munculnya Harajuku style dalam manga/ anime. Contohnya karakter Nana.

Baca juga:

Pameran Pernak Pernik JAMES BOND yang Menarik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s